page view stat

Pulau Kemaro


.

Ingin lihat pagoda tinggi seperti di Cina? Nggak perlu jauh-jauh pergi ke negara “Tirai Bambu” tersebut. Di Indonesia juga ada, lho. Coba, deh kita arungi Sungai Musi Palembang, Sumatera Selatan dan mampir ke Pulau Kemaro. Pasti bertemu dengan kuil bergaya China itu!


Kalau kita foto-foto di pulau ini, pasti banyak yang menyangka kita sedang berlibur di China. Di Pulau Kemaro, kita bisa meilihat pagoda 9 lantai, Klenteng Soei Goeat Kiong (Dewi Kuam Im), Makam Tan Bun An dan Siti Fatimah, serta sejumlah patung dewa-dewi China. Kemaro berjarak 5 Km dari Jembatan Ampera, Palembang. Letaknya di daerah hilir Sungai Musi. Kita hanya perlu waktu sekitar setengah jam dengan menyewa perahu tradisional ataupun perahu cepat. Ini bisa kita tawar hingga Rp. 100.000 pulang-pergi. Sebelumnya, kita harus sampai di kota Palembang dengan menggunakan pesawat ataupun kapal laut. Carilah angkutan menuju Jembatan Ampera. Dari situ kita mencari perahu menuju Pulau Kemaro


Nama pulau ini diambil dari kata “kemarau”. Ini disebabkan pulau ini tidak pernah terendam air, meskipun air Sungai Musi meluap. Ada legenda lain soal terbentuknya Pulau Kemaro. Berawal dari Siti Fatimah yang dilamar oleh Pangeran Tiongkong, Tan Bun Ann. Fatimah meminta 9 guci berisi emas sebagai tanda cinta. Takut terhadap bajak laut, orangtua Tan Bun Ann mengisi guci emas dengan sawi. Sayangnya Tan Bun Ann salah sangka dan membuang guci tersebut ke sungai. Guci terakhir yang dibuang pecah, emas pun terlihat. Tan Bun Ann pun sadar dan segera menyelam untuk mengambil guci-gucinya. Siti Fatimah pun akhirnya ikut menyelam. Keduanya tidak pernah muncul ke permukaan sungai lagi.

Nah, makam Tan Bun Ann dan Siti Fatimah ini yang menjadi daya tarik wisata, selain pagoda. Di pulau ini juga ada Pohon 1000 Cinta. Konon, jika kita menuliskan nama kita dan pacar, bakalan langgeng selama-lamanya. Kita juga bisa menuliskan nama kita dan gebetan, lho. Bagi yang penasaran dengan masa depan, kita juga bisa diramal di Klenteng Soei Goeat Kiong. Namun, sebelumnya ada ritual sembahyang terlebih dulu.

Lebih asyik lagi kita datang ke Pulau Kemaro saat perayaan Cap Go Meh. Ribuan pengunjung dari dalam negeri dan Asia Tenggara berkumpul di sini.

Pulau Kemaro
Kategori: Pulau, pantai, danau
Alamat: Sungai Musi, 5 KM dari Jembatan Ampera ke arah hilir
Harga: Rp. 450. 000 – Rp. 600.000

Your Reply