page view stat

PMS ( pre-Menstruation syndrome )


.



kalau lagi pms, tanda-tandanya sih biasanya nafsu makan meningkat, dan bawaannya mau makan yang manis-manis atau berlemak. sebenernya hal ini masih dibilang wajar. Tapi, kata Elizabeth Somer, seorang ahli gizi dan diet, dalam bukunya Food & Mood berikut ini " beberapa hari sebelum dan selama menstruasi bisa jadi adalah saat paling penting bagi wanita untuk berdiet sehat.

Jadi jika kita makan makananan yang tepat saat menjelang menstruasi dijamin akan mengurangi masalah gangguan PMS.

  • Pisang, tumis tahu, sayuran hijau ==> kadar magnesium dalam jenis makanan ini bisa menghasilkan zat yang akan mengurangi rasa sakit saat kita menstruasi nantinya. Di saat PMS, rasa sakit dan gejala nyeri serta mengerasnya payudara akan berkurang sampai 40% jika kita mengkonsumsi 200mg magnesium perhari.
  • Yoghurt, susu low fat, jus jeruk atau susu kacang kedelai ==> berdasarkan riset, terbukti baahwa mengkonsmsi 1.200mg kalsium per hari ternyata mengurangi gejala-gejala nyebelin yang sering di alami oleh perempuan saat menstruasi. misalnya nyeri di bawah perut, mual, perut kembung, bahkan mood yang berubah-ubah.
  • Roti gandum isi keju (low fat), kismis dan sepotong kue bolu madu ==> beberapa hari menjelang menstruasi kadar serotonin di dalam otak kita menurun. hal inilah yang membuat kita jadi uring-uringan, gampang tersinggung dan murung. Pilih makanan berkabohidrat dan makanan yang mengandung biji-bijian seperti roti gandum, tapi jangan memilih es krim dan biskuit, karrena konon malah bisa membuat kepala pusing saat PMS.
  • Ikan tuna atau salmon, buah kenari, kacang-kacangan ==> Zat EFA ( Essential Fatty Acids ) alias asam lemak esensial dapat mengurangi kram atau nyeri perut. karena zat ini akan menekan produksi prostaglandin yaitu zat pembentuk hormon.

Your Reply