page view stat

Pemanasan Global


.

PEMANASAN GLOBAL

IPCC melaporkan penelitiannya jika peningkatan suhu it uterus berlanjut, diperkirakan pada tahun 2040 (33 tahun dari sekarang) lapisan es di kutub-kutub bumi akan habis meleleh. Dan jika bumi terus memanas pada tahun 2050 akan terjadi kekurangan air tawar, sehingga kelaparan pun akan meluas. Udara akan sangat panas, jutaan orang akan berebut air dan makanan, napas akan tersenggal oleh debu dan asap. Air laut akan meluap merendan rumah-rumah dipesisir pantai.

Hasil studi yang dilakukan ilmuwan di Pusat Pengembangan Kawasan Pesisir dn Laut ITB (2007) tak kalah mengerikan, ternyata permukaan laut Teluk Jakarta meningkat setinggi 0,8 cm. jika suhu bumi terus meningkat maka diperkirakan daerah Jakarta seperti cilincing,kosambi, penjaringan, muaragembong, babelan dan tarumajaya akan terendam semuanya.

Kita pasti tidak ingin merasakan semua itu. Tetapi sampai saat ini kita masih menganggap ini adalah hal biasa dan tidak memperdulikannya. Padahal banyak cara yang dapat membantu mengurangi pemanasan global di bumi ini. Yaitu :

1. Pergunakan listrik seperlunya saja, cabut stopkontak yang sudah tidak digunakan dang anti bholam lampu ke jenis CFL meski harganya lebih mahal, tetapi akan lebih hemat.

2. Bila menggunakan AC, tutup semua lubang angin seperti pintu dan jendela,

3. Pergunakan timer untuk alat elektronik

4. Tanam pohon disekitar rumah

5. Pergunakan kendaraan umum untuk mengurangi polusi udara karena banyaknya kendaraan di jalan raya.

6. Tidak menggunakan plastic.

Your Reply