page view stat

Konsumsi Makanan Organik


.


KONSUMSI MAKANAN ORGANIK

Makanan organic adalah makanan yang tidak menggunakan bahan kimia, pestisida dan bahan pengawet serta tidak terkena pencemaran. Baik itu udara, air maupun tanah. Tetapi disayangkan kita tidak bisa terhindar dari pengaruh kimia atau pencemaran lainnya. Apalagi tanah di indonesia sudah terkena bahan kimia karena penggunaan pupuk urea.

Fakta membuktikan delapan jenis pestisida dalam makanan bisa menyebabkan kanker. Bahkan hamper 1,4 juta kasus kanker di dunia terjadi karena kasus ini. Bukan hanya itu, pestisida juga dapat menyebabkan cacat kelahiran, kerusakan syaraf dan mutasi genetic.

Lebih parahnya lagi, sebuah penelitian menyatakan bahwa anak-anak terkena empat kali efek pestisida disbanding orang dewasa.

Mengkonsumsi makanan organic juga dapat membuat kita berpartisispasi dalam memperbaiki kualitas air. Dan alasan lainnya adalah untuk melakukan penghematan energy. Karena, hampir seluruh pertanian modern menggunakan bahan bakar minyak bumi hingga 12%. Itu berarti sebagian besar energy digunakan untuk memproduksi pupuk kimia daripada mengolah dan memanen tanamannya.

Adapun manfaat yang dapat kita peroleh jika mengkonsumsi makananorganik, yaitu :

1. Melancarkan pencernaan

2. Mencegah dan meringankan kerusakan pada usus

3. Meringankan sembelit

4. Menyerap racun di usus dan lambung

5. Mencegah munculnya tumor dan sel kanker

6. Mencerahkan dan menyegarkan kulit

7. Mencegah proses peningkatan nikotin dalam tubuh

8. Membantu proses diet karena rendah kalori dan dapat membakar lemak

Your Reply