page view stat

CEGAH PENYAKIT TURUNAN SEJAK DARI EMBRIO


.

CEGAH PENYAKIT TURUNAN SEJAK DARI EMBRIO

Para ilmuwan Inggris telah berhasil menukar komponen sel dalam embrio gua mencegah calon anak mendapatkan gangguan mitokondria. Mitokondria, yang diturunkan dari DNA ibu,berupa komponen seperti biji kecil yang bertugas menyuplai energy kepada sebuah sel. Kerusakan pada mitokondria dapat mengganggu fungsi sel dan menyebabkan sakit.

Gejala penyakit ini terbilang bervariasi mulai dari ringan hingga berat. Satu dari enam ribu lima ratus orang menderita kelemahan otot, tuli, gagal hati, kebutaan dan persoalan kesehatan laiinya yang tergolong fatal.

Prosedur pertukaran sel yang disebut blastocyst itu melalui serangkaian proses. Pada saat awal pembuahan, sel telur mengandung dua inti sel, satu dari ibu dan satu dari ayah. Sebelum keduanya menyatu, para ilmuwan memindahkan kedua inti sel dan menaruhnya ke sel telur lain bermitokondria sehat yang inti selnya sudah dibuang. Dengan demikian sel telur yang akan menyatu mengandung gen dari ibu dan ayah plus sebagian kecil DNA dari DNA mitokondria telur donor.

Your Reply