page view stat

Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance terhadap Manajemen Laba pada perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di BEI


.



ABSTRAKSI

Dwi Fajar Wati,
PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES YANG TERDAFTAR DI BEI.
Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2012
Kata Kunci : GCG, Manajemen Laba, Komisaris Independen, Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan,

(xii + 79 + Lampiran)

Agensi teori mengakibatkan hubungan yang asimetris antara pemilik dan pengelola perusahaan, untuk menghindari terjadi hubungan yang asimetri tersebut dibutuhkan suatu konsep yaitu konsep Good Corporate Governance yang bertujuan menjadikan perusahaan menjadi lebih baik dan sehat dengan prinsip-prinsip yang dimiliki yaitu transparansi, kemandirian, akuntabilitas, pertanggungjawaban dan kewajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Good Corporate Governance dengan menggunakan variabel berupa proporsi komisaris independen, ukuran dewan komisaris dan ukuran perusahaan terhadap praktik manajemen laba. Sampel yang digunakan adalah perusahaan - perusahaan food and beverages yang terdaftar di BEI dari tahun 2008 sampai dengan 2011. Penelitian ini menggunakan discretionary accruals model Jones. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proporsi komisaris independen, ukuran dewan komisaris dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba dengan tingkat signifikan masing-masing 0,368, 0,524 dan 0,586. Serta variabel-variabel tersebut hanya dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 4,5%.

Daftar Pustaka (1976-2011)








Your Reply